Singapore Trip #4 – National Museum of Singapore

Kalau lagi traveling ke tempat baru, saya selalu penasaran sama museumnya. Karena ya seru aja belajar mengenai tempat tersebut dan mengenal sejarah/masyarakatnya lebih dekat. Waktu saya di Singapore, saya dan Abang mengunjungi National Museum of Singapore yang sangaaattt memesona. Bangunannya dari luar sangat klasik, tapi ternyata galeri di dalamnya sangat modern dan super sophisticated! Kami di sana menghabiskan waktu sekitar 3 jam, to give you heads up seberapa menarik museum ini.

Read also:
Singapore Trip #3 – Haji Lane at A Glance
Singapore Trip #2 – Minimalist Stay at Lloyd’s Inn
Singapore Trip #1 – The Sultan, The Architectural Heritage

Bahkan, 3 jam pun masih belum semua galeri. Karena kami ingin berhemat, jadilah kami hanya memilih Permanent Galleries di lantai 1 dan 2 dan Glass Rotunda. NMS ini merupakan paket komplit yang berisi tentang sejarah Singapore dari jaman baheula sampai masa modern.

Dan yang lebih menarik lagi, di setiap galerinya menawarkan metode interaktif biar para pengunjung nggak hanya cuma lihat-lihat, tapi juga misalnya bisa dengerin kisah nyata seorang Malay pada masa pendudukan Jepang, atau bagaimana kehidupan seorang Chinese-Singapore pada masa dulu. Dan yang paling seru sih memang karena teknologi yang ditawarkan di museum ini memang super sophisticated yang nggak berhenti bikin mulut menganga 🙂 🙂

Yang paling kece bagi saya sih dua hal: 1) pajangan chandelier besar di pintu masuk yang terbuat dari… panci dan wajan bekas. Nggak paham sih maksudnya apa, tapi kalau mau adu unik emang unik banget sih idenya haha, 2) Di salah satu galeri ada satu ruangan khusus yang membawa pengunjung ke ‘masa lalu’ di mana drive in movie alias layar tancep berjaya. Di ruangan tersebut ada beberapa mock up mobil (dari yang paling mewah sampai mobil buntung) di mana para pengunjung bisa duduk di sana seolah-olah lagi di dalam mobil dan nonton film layar tancep.

Selain kisah sejarah Singapore, juga ada Glass Rotunda yang isinya Story of the Forest and Singapore dan membawa kami pada ‘hutan’nya Singapore. Ada sebuah ruangan besar dan tinggi di mana saya gogoleran menikmati ‘dedaunan’ dan suara-suara gemerisik tenang nan damai. Setelah masuk ke eksibisi ini, ah, jadi semakin bersyukur bahwa Indonesia memiliki hutan tropis yang sangat luas.

Setelah capek berputar-putar di dalam, saya dan Abang keluar menuju pintu samping di mana terdapat halaman yang sangat luas. Untungnya kami sempet nyetok roti + minum di dalam tas, jadi setelah merasa agak lapar kami duduk-duduk di taman sambil menikmati bekal. Meskipun di tengah kota, suasananya sangat tenang dan sejuk.

Intinya sih perjalanan ke museum bagi saya bukan hanya menghargai sejarah negara lain, tetapi juga semakin menghargai sejarah dan peninggalan negeri sendiri. Justru semakin mengenal tempat lain, malah jadi semakin mencintai tanah air sendiri 🙂 Setuju?

National Museum of Singapore | Instagram
93 Stamford Road
Singapore 178897
Tel: +65 6332 3659
Hours: Mon-Sun 10.00 am – 7.00 pm

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s